Kodrat manusia sebagai makhluk sosial

Sejak individu dilahirkan selalu dikelilingi oleh hal-hal yang bersifat sosial dan kemudian terjadi interaksi dengan individu-individu lain di dalam kelompok, sehingga dapat membentuk individu yang mempunyai sifat-sifat kemanusiaan. Baik suku suku yang masih sederhana maupan orang-orang modern yang hidup di kota-kota besar lalu berinteraksi dengan kelompok sosialnya.

Melalui kelompok itulah individu dapat memuaskan keseluruhan kebutuhan yang fundamental dan memperoleh kesempurnaan yang besar.

individu-individu tersebut dapat berkembang dan mempunyai 2 fungsi :

1. Sebagai mahluk individual

2. Sebagai mahluk social

Manusia sebagai mahluk yang mempunyai individualitas hidup dalam dan dengan kelompok social. Kelompok manusia itu merupakan gejala universal. Manusia tidak akan mungkin hidup tanpa kelompok,justru kelompok sosial yang menjadikan manusia dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana wajarnya. Kelompok social merupakan studi yang esensial dalam sosilogi, psikologi sosial, antropologi..

Manusia tidak akan hidup tanpa kelompok,kelompok sosial lah yang menjadikan manusia tumbuh dan berkembang. Dengan memahami hal ini seseorang akan mengerti bagaimana interaksi individu-individu di dalam kelompok serta hal-hal apa saja yang dapat memuaskan individu dalam kebutuhanyang fundamental.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: